Rabu, 31 Desember 2008

CARA MUDAH BELAJAR MYOB VERSI 15 ATAU 17

CARA MUDAH BELAJAR MYOB VERSI 15 ATAU 17

Langkah – langkah-nya sebagai berikut :

  1. Entry identitas perusahaan.

  2. Buat bagan akun (chart of account) beserta saldonya.

  3. Atur kode pajak (List – Tax Codes).

  4. Atur Link-link account yang diperlukan (Banking, Purchase & Sales).

  5. Card File (supplier, costumer & Inventory) beserta saldonya.

  6. Transaksi.

  7. Laporan



Cara –cara menghapus akun-akun yang tidak terpakai :

  1. Double Klik account yang akan kita hapus.

  2. Pastikan account tersebut tidak terkait dengan link yang ada.

  3. Klik edit pada toolbar, kemudian klik delete account.


Cara memasukkan saldo awal :

  1. Klik set-up pada toolbar.

  2. Klik balance

  3. Account opening balance (neraca saldo), supplier balance (saldo hutang) & costumer Balance (saldo piutang)


Saldo awal persediaan barang dagang (inventory)

  1. Klik jendela inventory pada command centre

  2. klik adjust inventory

  3. masukkan kuantitas dan harga per-unit-nya.


Transaksi :

  1. Pengeluaran kas :

  1. setiap transaksi pengeluaran kas diluar dari pembayaran faktur atas hutang dagang, dilakukan melalui jendela Banking – Spend Money.

  2. Transaksi pengeluaran kas untuk pembayaran faktur / hutang dagang melalui jendela Purchase – Pay Bill.


  1. Penerimaan Kas :

  1. setiap transaksi penerimaan kas diluar dari penerimaan faktur atas piutang dagang, dilakukan melalui jendela Banking – Receive Money.

  2. Transaksi penerimaan kas untuk penerimaan faktur / piutang dagang melalui jendela Sales – Receive Payment.


  1. Penjualan :

Seluruh transaksi penjualan (tunai/kredit) dilakukan melalui jendela Sales – Enter Sales, yang membedakan hanyalah pada “applied today”. Jika penjualan/penerimaan secara tunai; maka applied today-nya harus diisi, namun jika penjualan/penerimaan secara kredit; maka applied today-nya dikosongkan.


  1. Pembelian :

Seluruh transaksi pembelian (tunai/kredit) dilakukan melalui jendela Purchase – Enter Purchase, yang membedakan hanyalah pada “applied today”. Jika pembelian secara tunai; maka applied today-nya harus diisi, namun jika pembelian secara kredit; maka applied today-nya dikosongkan.


  1. Transaksi lain :

Untuk transaksi lain-nya seperti voucher kas kecil dan penyesuaian melalui jurnal umum, dengan cara klik jendela account – Record Journal entry.



Laporan :

untuk melihat hasil kerja yang telah kita lakukan, klik report kemudian pilih laporan yang ingin kita ketahui (segala laporan telah disediakan daftarnya oleh software ini) kemudian klik display; laporan akan dimunculkan sesuai dengan tanggal yang kita minta.



Untuk Lebih Jelasnya dapat kirim e-mail ke Rieza.acc@gmail.com

1 komentar: